Agribank tiên phong trong cung ứng vốn tín dụng cho nông nghiệp thông qua hợp tác với Hội Nông dân Việt Nam

Vốn tín dụng đóng vai trò quan trọng trong phát triển sản xuất nông nghiệp, nông thôn. Agribank đã hợp tác chặt chẽ với Hội Nông dân Việt Nam để cung ứng vốn thông qua các tổ vay vốn, góp phần nâng cao thu nhập và cải thiện đời sống cho người dân nông thôn.

Agribank tiên phong trong cung ứng vốn tín dụng cho nông nghiệp thông qua hợp tác với Hội Nông dân Việt Nam

Agribank tiên phong trong cung ứng vốn tín dụng cho nông nghiệp thông qua hợp tác với Hội Nông dân Việt Nam

Agribank đã hợp tác hiệu quả với Hội Nông dân Việt Nam trong việc cung ứng vốn tín dụng cho nông nghiệp. Các tổ vay vốn được thành lập tại các thôn, bản, ấp, xã, phường, thị trấn, với hơn 564 ngàn thành viên tham gia.

Tính đến 31/12/2023, dư nợ cho vay qua tổ vay vốn qua Hội Nông dân đã đạt 84.065 tỷ đồng, tăng 48.453 tỷ đồng so với năm 2016 và tăng 6.597 tỷ đồng so với 2022. Dư nợ tăng trưởng bình quân trên 16%/năm, bình quân dư nợ/thành viên đạt 100 triệu đồng và bình quân dư nợ/tổ vay vốn đạt 2,4 tỷ đồng.

Agribank tiên phong trong cung ứng vốn tín dụng cho nông nghiệp thông qua hợp tác với Hội Nông dân Việt Nam

Agribank tiên phong trong cung ứng vốn tín dụng cho nông nghiệp thông qua hợp tác với Hội Nông dân Việt Nam

Sự hợp tác giữa Agribank và Hội Nông dân đã hỗ trợ hiệu quả cho người dân nông thôn, giúp họ dễ dàng tiếp cận vốn vay và các dịch vụ ngân hàng. Các khoản vay này được sử dụng để phát triển sản xuất, kinh doanh, dịch vụ và tiêu dùng, qua đó nâng cao thu nhập và cải thiện đời sống.

Agribank đã triển khai các sản phẩm dịch vụ thanh toán, chuyển tiền, bảo hiểm một cách thuận lợi và hiệu quả cho các tổ vay vốn. Đặc biệt, đối với những hộ gia đình ở vùng sâu, vùng xa, việc tiếp cận vốn vay thông qua các tổ vay vốn giúp họ giải quyết được khó khăn trong việc giao dịch trực tiếp với ngân hàng.

Việc Agribank tăng cường khả năng tiếp cận vốn cho khách hàng thông qua hợp tác liên ngành với Hội Nông dân đã góp phần phát huy vai trò của tín dụng ngân hàng trong thực hiện chính sách "Tam nông". Mô hình này đã thúc đẩy sản xuất kinh doanh, giải quyết vấn đề việc làm và nâng cao đời sống người dân nông thôn.

Selain itu, kerja sama ini berkontribusi pada pengembangan keuangan mikro untuk rumah tangga dalam mengimplementasikan strategi keuangan inklusif nasional.

Agribank terus memperkuat kolaborasi dengan organisasi politik-sosial dan pemerintah daerah untuk meningkatkan promosi kebijakan kredit bagi pertanian dan pedesaan. Bank juga berupaya menyederhanakan prosedur administrasi untuk mempermudah nasabah dalam mengakses sumber kredit.

Agribank juga menyediakan pinjaman sesuai dengan model keterkaitan dan nilai tambah dari produksi, pengolahan, konsumsi, hingga penyediaan jasa pembayaran di bidang pertanian. Bank ini memfokuskan sumber modal untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, rumah tangga, pembeli, dan eksportir komoditas pertanian unggulan secara tepat waktu.

Melalui kerja sama dengan Hội Nông dân Việt Nam, Agribank telah berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan pengembangan dan peningkatan ekonomi rumah tangga, mendorong produksi dan bisnis, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Agar kegiatan pinjaman melalui kelompok pinjaman terus berjalan efektif, diperlukan keterlibatan aktif dari berbagai pihak terkait. Pemerintah dan Kementerian Pertanian dan Pengembangan Pedesaan harus menetapkan kebijakan yang mendorong produsen dan penyedia, konsumen produk pertanian di daerah produksi, serta pembentukan rantai keterkaitan.

Bimbingan teknis pertanian di daerah harus ditingkatkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan ternak. Pengalaman produksi dan bisnis, model ekonomi yang efektif, dan penerapan pertanian bersih dan berbasis teknologi tinggi harus disebarluaskan untuk memberikan arahan yang baik bagi rencana dan proyek produksi dan bisnis dalam jangka pendek dan panjang, serta penggunaan modal pinjaman secara efisien.

Hội Nông dân harus terus bekerja sama dengan Agribank untuk menerapkan kegiatan kelompok pinjaman yang terintegrasi dengan model perbankan digital. Selain itu, diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan efektivitas kelompok pinjaman, mematuhi peraturan yang ditetapkan, dan meminimalkan risiko kredit.

Agribank telah mengimplementasikan berbagai solusi untuk meningkatkan akses terhadap modal bagi nasabah di sektor pertanian, petani, dan masyarakat pedesaan. Bank ini telah dan terus memainkan peran aktif dalam mengimplementasikan tujuh program kredit kebijakan dan dua program nasional untuk pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan yang berkelanjutan.

Agribank menyediakan lebih dari 200 produk dan layanan perbankan melalui berbagai saluran distribusi untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam. Bank ini juga berkontribusi positif pada pengembangan pasar pembayaran nontunai dan meningkatkan akses terhadap layanan perbankan, terutama di sektor pertanian dan pedesaan.